All English SMA N 1 SLAWI

pemetaan SI

FORMAT PEMETAAN SI NT

PEMETAAN STANDAR ISI

 

MATA PELAJARAN            : BAHASA INGGRIS

KELAS/SEMESTER : XII IPA/IPS/BAHASA / 1

 

 

SK

 

KD

 

THP

 

INDIKATOR

 

THP

 

MATERI POKOK

RUANG LINGKUP

ALOK

WKT

1

2

3

Structure

12. Mengungkapkan makna dalam produk bahasa tulis dan bicara sesuai dengan structure yang benar.

12.1 Mengungkapkan makna dalam produk bahasa tulis dan wicara sesuai dengan structure  tenses yang benar.

 

P2

 

1        To mention all the names of tenses orderly and correctly.

2        To form the formulation of tenses.

3        to apply all the formulations of tenses (12 tenses) to express what is thought 

 

C1

 

 

C2

 

P2

Basic Names of tenses:

  • Past
  • Present
  • Future
  • Perfect
  • Continuous

 

Basic Formulations of tenses

  1. 1.      Past: VII
  2. 2.      Present: VI
  3. 3.      Future: will Vinf
  4. 4.      Perfect: have VIII

Continuous: be Ving

 

Application of the tenses: sentences using all the 12 tenses

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8 x 45”

  12.2 Mengungkapkan makna dalam produk bahasa tulis dan wicara sesuai dengan structure  complex sentences yang benar.

P2

1        To identify the types of sentences.

2        To identify the Subject and Predicate of Main Clauses

3        To identify the Subject and Predicate of dependent Clauses

4        To make sentences with noun clause, adjective clause, adverb clause

5        To combine two sentences into one complex sentences using noun clause, adjective clause and adverb clause.

 

C1

 

C1

 

 

 

 

P2

 

 

P2

Complex Sentences:

With noun clauses, adjective clauses, adverb clauses.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8 x 45’

Menulis

6. Mengungkapkan makna  dalam teks tulis monolog yang berbentuk narrative, explanation dan discussion  secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari 

6.1 Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek  resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari

 

P2

1        To write what they experience

2        To write letter

 

P2

 

P2

1        students’ experience.

 

2        Forms of letters

 

 

 

 

 

 

4 X 45’

  6.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative,  explanation, dan discussion

 

P2

1        To write a story in the form of narrative

2        To write an explanation

3        To write a discussion

 

P2

 

P2

P2

1        the Generic Structure of Narrative

  • Orientation: sets the scene and introduces the participants.
  • Evaluation: a stepping back to evaluate the plight.
  • Complication: a crisis arises. Resolution: the crisis is resolved, for better or for worse.
  • Re-orientation: optional.

2           the Generic Structure of explanation

  • A general statement to position the reader.
  • A sequenced explanation of why or how something occurs

3           The Generic Structure of discussion

  • Issue:
    • Statement
    • Preview
    • Arguments for and against or Statement of differing points of view.
      • Point
      • Elaboration

4           Conclusion or Recommendation

 

 

 

8 X 45’

      Menulis

12. Mengungkapkan makna  dalam teks tulis monolog/esei berbentuk narrative dan review  dalam konteks kehidupan sehari-hari

12.1 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei dengan menggunakan ragam tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative dan review

 

 

1        To write what they think

2        To write a story in the form of narrative

3        To write a review

 

P2

P2

 

P2

1        the Generic Structure of Narrative

  • Orientation: sets the scene and introduces the participants.
  • Evaluation: a stepping back to evaluate the plight.
  • Complication: a crisis arises. Resolution: the crisis is resolved, for better or for worse.
  • Re-orientation: optional.

2        the Generic Structure of review

  • Orientation: places the work in its general and particular context, often by comparing it with others of its kind or through analogue with a non-art object or event.
  • Interpretive Recount: summaries the plot and/or provides an account of how the reviewed rendition of the work came into being; is optional, but if present, often recursive.
  • Evaluation: provides an evaluation of the work and/or its performance or production; is usually recursive.
  • Evaluative Summation: provides a kind of punchline which sums up the reviewer’s opinion of the art event as a whole; is optional.

 

 

 

6 X 45’

      Berbicara

3.      Mengungkapkan makna dalam teks  percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari

 

3.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari  dan melibatkan tindak tutur: mengusulkan, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau  untuk melakukan sesuatu, dan memerintah

 

P2

1        Menggunakan tindak tutur mengusulkan

2        Menggunakan tindak tutur memohon

3        Menggunakan tindak tutur mengeluh

4        Menggunakan tindak tutur membahas kemungkinan atau  kemampuan untuk melakukan sesuatu

5        Menggunakan tindak tutur memerintah

 

P2

 

P2

 

P2

 

P2

 

 

 

P2

 

  • Mengusulkan, memohon

A: I’d like to suggest that…;

 B: It sounds like a good suggestion

  • Mengeluh

A: This is crazy!

  B: Join the club.

  • Membahas kemungkinan atau kemampuan untuk melakukan sesuatu

A:  Would it be possible for you to…?

 B: Yeah, sure.

  • o Memerintah

A:  You must …

 B: As you wish, Sir

 

 

 

 

 

 

 

 

8 X 45’

  3.2 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari  dan melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji, menyalahkan, menuduh, mengungkapkan keingintahuan dan hasrat , dan menyatakan berbagai sikap

P2

 

1        Menggunakan tindak tutur mengakui kesalahan

2         Menggunakan tindak tutur berjanji

3        Menggunakan tindak tutur menyalahkan/menuduh

4        Menggunakan tindak tutur mengungkapkan keingintahuan dan hasrat

5        Menggunakan tindak tutur menyatakan berbagai sikap

P2

 

P2

 

P2

 

P2

 

 

P2

  • o Mengakui kesalahan

A: I admit I was wrong.

 B: I told you.

  • Berjanji

   A: I give you my words.

 B: You’d better keep your promise.

  • o Menyalahkan, menuduh

A: You are the one to blame.

 B: Are you accusing me?)

  • Mengungkapkan keingintahuan, hasrat

A: I wonder if …

 B: Why not?

  • Menyatakan berbagai sikap

A: I like it.

    B: Do you?

 

 

 

 

 

 

 

 

8 X 45’

4.      Mengungkapkan makna  dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk  narrative, explanation dan discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari  4.1 Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek  resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari

 

P2

1        Menggunakan bahasa lisan dalam menyampaikan teks fungsional pendek

 

P2

Teks fungsional pendek lisan

 

 

 

4 X 45’

  4.1  Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative,  explanation, dan discussion

 

P3

1        Menggunakan kalimat simple present dalam menyampaikan penjelasan tentang proses

2        Melakukan monolog berbentuk narrative

3        Melakukan monolog berbentuk discussion

4        Menggunakan kalimat Argument

5        Melakukan debat

P2

 

 

 

P2

 

P2

 

P2

 

P3

  • Teks lisan  berbentuk narrative
  • Teks lisan  berbentuk explanation
  • Teks lisan  berbentuk discussion

 

 

 

 

 

 

 

 

 

20 X 45’

      Berbicara

9. Mengungkapkan makna  dalam teks interaksional, dengan penekanan pada percakapan transaksional resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari

 

9.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)  resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur:membujuk, mendorong semangat, mengkritik , mengungkapkan harapan, dan mencegah

 

P2

1        Menggunakan tindak tutur membujuk, mendorong semangat

2        Menggunakan tindak tutur mengkritik

3        Menggunakan tindak tutur mengungkapkan harapan

4        Menggunakan tindak tutur mencegah

P2

 

 

P2

 

P2

 

P2

  • Membujuk, mendorong semangat

A: Would it be possible for you to…?

 B: I’ll consider that.

  • Mengkritik

A: I don’t think that was a good idea.

B: I’m glad you bring that up…

  • Mengungkapkan harapan

A:  I do hope that…

  B: I hope so too.

  • Mencegah

A: I wouldn’t do that if I were you.

 B: Thanks for telling me.

 

 

 

 

 

 

4 X 45’

  9.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)  resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyesali, mengungkapkan/menanyakan rencana, tujuan, maksud, memprediksi, berspekulasi, dan memberikan penilaian

P2

1        Menggunakan tindak tutur menyesali

2        Menggunakan tindak tutur mengungkapkan/menanyakan rencana, tujuan, maksud

3        Menggunakan tindak tutur memprediksi

4        Menggunakan tindak tutur berspekulasi

5        Menggunakan tindak tutur memberikan penilaian

 

P2

 

P2

 

 

 

P2

 

P2

 

P2

  • Menyesali

 A: I’m the one to blame.

 B: No use crying over spilt milk.

  • Mengungkapkan/menanyakan rencana, tujuan, maksud

A: What’s the plan?

B: The plan is…

  • o Memprediksi, berspekulasi

 A: We can speculate that …

  B: I think it’s well grounded.

  • Memberikan penilaian

 A: You did a good job!

       B: Thank you.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4 X 45’

10. Mengungkapkan makna  dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk  narrative dan review  secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari 10.1 Merespon makna dalam teks fungsional pendek  resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari

 

P3

1        Memberi pengumuman lisan

2        Menyampaikan undangan lisan

3        Melakukan monolog untuk mengiklankan sesuatu

 

P2

 

P2

 

P2

Teks fungsional pendek lisan

 

 

 

 

 

4 X 45’

  10.2 Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative dan review

P3

1        Menggunakan kalimat penilaian dalam menyampaikan sebuah review

2        Melakukan monolog berbentuk narrative

3        Melakukan monolog berbentuk review

P2

 

 

 

P3

 

P3

  • Teks lisan  berbentuk narrative
  • Teks lisan  berbentuk review

 

 

 

 

 

 

 

4 X 45’

 


PEMETAAN STANDAR ISI

 

MATA PELAJARAN            : BAHASA INGGRIS

KELAS/SEMESTER : XII IPA/IPS/BAHASA / 2

 

 

SK

 

KD

 

THP

 

INDIKATOR

 

THP

 

MATERI POKOK

RUANG LINGKUP

ALOK WKT

1

2

3

Membaca

5. Memahami makna teks fungsional pendek dan  teks tulis esei berbentuk   narrative, explanation dan discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan

5.1 Merespon makna dalam teks fungsional pendek  resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.

 

C1 1        Membaca wacana ragam tulis yang dibahas

2        Mengidentifikasi topik dari teks yang dibaca

3        Mengidentifikasi informasi tertentu dari teks fungsional pendek

 

C1

 

C1

 

C1

banner, poster, pamphlet

 

 

 

    2 x 45’
  5.2 Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: narrative,  explanation, dan discussion C2 1        Mengidentifikasi makna kata dalam teks yang dibaca

2        Mengidentifikasi makna kalimat dalam teks yang dibaca

3        Mengidentifikasi komplikasi dalam sebuah cerita narasi

4        Mengidentifikasi kejadian dalam teks yang dibaca

5        Mengidentifikasi proses sebuah peristiwa

6        Mengidentifikasi argument yang pro dan kontra dalam teks

7        Mengidentifikasi langkah-langkah retorika dari teks

8        Mengidentifikasi tujuan komunikasi teks dibaca

C1

 

 

C1

 

 

C1

 

 

C1

 

 

C1

 

C2

 

 

C2

 

 

C2

  • Teks tulis  berbentuk narrative
  • Teks tulis berbentuk explanation
  • Teks tulis  berbentuk discussion

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  6 x 45’
       Membaca

11. Memahami makna teks tulis monolog yang berbentuk   narrative dan review  secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan

 

11.1 Merespon makna dalam teks fungsional pendek  resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan

 

C1 1        Membaca nyaring bermakna wacana ragam tulis yang dibahas dengan ucapan dan intonasi yang benar

2        Mengidentifikasi topik dari teks yang dibaca

3        Mengidentifikasi informasi tertentu dari teks fungsional pendek

 

P1

 

 

 

 

C1

 

C1

banner, poster, pamphlet

 

 

 

 

 

 

    2 x 45’
  11.2 Merespon makna dan langkah retorika dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: narrative dan review C1 1        Mengidentifikasi isi cerita

2        Mengidentifikasi kejadian dalam teks yang dibaca

3        Mengidentifikasi penilaian tentang film/song/novel

4        Mengidentifikasi saran pada sebuah review yang dibaca

5        Mengidentifikasi langkah-langkah retorika dari teks review/narrative

6        Mengidentifikasi tujuan komunikasi teks dibaca

C1

 

C1

 

 

C1

 

 

C1

 

 

C1

 

 

C1

  • Attitute expressions
  • Teks tulis  berbentuk narrative
  • Teks tulis berbentuk review

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  6 x 45’
      Mendengarkan

1. Memahami makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari

 

 

1.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari  dan melibatkan tindak tutur: mengusulkan, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau  untuk melakukan sesuatu, dan memerintah

C1 1        Mengidentifikasi makna kata

2        Mengidentifikasi hubungan antar pembicara

3        Mengidentifikasi makna tindak tutur   mengusulkan

4        Merespon tindak tutur   mengusulkan

5        Mengidentifikasi makna tindak  tutur memohon

6        Merespon tindak tutur   memohon

7        Mengidentifikasi makna tindak tutur   membahas kemungkinan atau  kemampuan untuk melakukan sesuatu

8        Merespon tindak tutur   membahas kemungkinan atau  kemampuan untuk melakukan sesuatu

9        Mengidentifikasi makna tindak tutur memerintah

10    Merespon tindak tutur memerintah

11    Mengidentifikasi konteks situasi

C1

 

C1

 

 

C1

 

 

C1

 

C1

 

C1

 

C1

 

 

 

 

C1

 

 

 

C1

 

C1

 

C1

  • Mengusulkan, memohon

mis. A: I’d like to suggest that…;

 B: It sounds like a good suggestion

  • Mengeluh

mis. A: This is crazy!

           B: Join the club.

  • Membahas kemungkinan atau kemampuan untuk melakukan sesuatu

ms. A:  Would it be possible for you to…?

       B: Yeah, sure.

  • o Memerintah

mis. A:  You must …

    B: As you wish, Sir.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

    4 x 45’
  1.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari  dan melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji, menyalahkan, menuduh, mengungkapkan keingintahuan dan hasrat, dan  menyatakan berbagai sikap

 

C1 1        Mengidentifikasi makna tindak tutur mengakui kesalahan

2        Merespon tindak tutur mengakui kesalahan

3        Mengidentifikasi makna tindak tutur berjanji

4        Merespon tindak tutur berjanji

5        Mengidentifikasi makna tindak tutur menyalahkan/ menuduh

6        Merespon tindak tutur menyalahkan/ menuduh

7        Mengidentifikasi makna tindak tutur mengungkapkan keingintahuan dan hasrat

8        Merespon tindak tutur mengungkapkan keingintahuan dan hasrat

9        Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan berbagai sikap

10    Merespon tindak tutur menyatakan berbagai sikap

C1

 

 

C1

 

C1

 

C1

 

C1

 

 

C1

 

C1

 

 

 

C1

 

 

C1

 

 

C1

  • o Mengakui kesalahan

mis. A: I admit I was wrong.

  B: I told you.

  • Berjanji

   mis. A: I give you my words.

          B: You’d better keep your promise.

  • o Menyalahkan, menuduh

mis. A: You are the one to blame.

           B: Are you accusing me?)

  • Mengungkapkan keingintahuan, hasrat

mis. A: I wonder if …

 B: Why not?

  • Menyatakan berbagai sikap

   mis. A: I like it.

          B: Do you?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

    4 x 45’
Mendengarkan

7.   Memahami makna  dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari

 

7.1   Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)  resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dan melibatkan tindak tutur: membujuk, mendorong semangat, mengkritik, mengungkapkan harapan, dan mencegah

 

 

C1 1        Mengidentifikasi makna tindak tutur  membujuk/ mendorong semangat

2        Merespon tindak tutur membujuk/ mendorong semangat

3        Mengidentifikasi makna tindak tutur  mengkritik

4        Merespon tindak tutur  mengkritik

5        Mengidentifikasi makna tindak tutur  mengungkapkan harapan

6        Merespon tindak tutur mengungkapkan harapan

7        Mengidentifikasi makna tindak tutur mencegah

8        Merespon tindak tutur  mencegah 

C1

 

 

C1

 

 

C1

 

C1

 

C1

 

 

C1

 

C1

 

C1

  • Membujuk, mendorong semangat

A: Would it be possible for you to…?

 B: I’ll consider that.

  • Mengkritik

A: I don’t think that was a good idea.

 B: I’m glad you bring that up…

  • Mengungkapkan harapan

A:  I do hope that…

   B: I hope so too.

  • Mencegah

A: I wouldn’t do that if I were you.

    B: Thanks for telling me.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

    4 x 45’
  7.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)  resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dan melibatkan tindak tutur: menyesali, mengungkapkan/menanyakan rencana, tujuan, maksud, memprediksi, berspekulasi, dan memberikan penilaian

 

C1

 

1        Mengidentifikasi makna tindak tutur menyesali

2        Merespon tindak tutur menyesali

3        Mengidentifikasi makna tindak tutur mengungkapkan/ menanyakan rencana, tujuan, maksud

4        Merespon tindak tutur mengungkapkan/menanyakan rencana, tujuan, maksud

5        Mengidentifikasi makna tindak tutur memprediksi/ berspekulasi

6        Merespon tindak tutur memprediksi /berspekulasi

7        Mengidentifikasi makna tindak tutur memberikan penilaian

8        Merespon tindak tutur memberikan penilaian

C1

 

C1

 

C1

 

 

 

 

C1

 

 

 

C1

 

 

C1

 

 

C1

 

 

C1

  • Menyesali

mis. A: I’m the one to blame.

 B: No use crying over spilt milk.

  • Mengungkapkan/menanyakan rencana, tujuan, maksud

mis. A: What’s the plan?

        B: The plan is…

  • o Memprediksi, berspekulasi

mis. A: We can speculate that …

  B: I think it’s well grounded.

  • Memberikan penilaian

mis. A: You did a good job!

       B: Thank you.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

    4 x 45’

                                                                                                                                                                        Slawi, 17 Agustus 2009

                                                Mengetahui,

                                                Kepala Sekolah                                                                                              Guru Mapel Bahasa Inggris Kls XII

 

 

 

                                                Dra. SRI REJEKININGSIH, M.Pd                                                 SUNARTO, S.Pd

                                                NIP. 19                                                                                                           NIP. 19640826 198703 1 006

One Response

Subscribe to comments with RSS.

  1. sulaeman said, on 9 March 2011 at 2:17 pm

    thanks for the data


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: