All English SMA N 1 SLAWI

silabus

SILABUS 1

 

Satuan Pendidikan   :  SMAN 1 SLAWI

Mata Pelajaran        :  BAHASA INGGRIS

Kelas/Semester       : XII / 1

Alokasi Waktu        :      X 45’

Standar Kompetensi: Structure

13. Mengungkapkan makna dalam produk bahasa tulis dan wicara sesuai dengan structure yang benar.

 

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber / Bahan / Alat

13.1 Mengungkapkan makna dalam produk bahasa tulis dan wicara sesuai dengan structure  tenses yang benar.

 

Basic Names of tenses:

  • Past
  • Present
  • Future
  • Perfect
  • Continuous

 

Basic Formulations of tenses

  1. 1.      Past: VII
  2. 2.      Present: VI
  3. 3.      Future: will Vinf
  4. 4.      Perfect: have VIII

Continuous: be Ving

 

Application of the tenses: sentences using all the 12 tenses

 

1        To mention all the names of tenses orderly and correctly.

2        To form the formulation of tenses.

3        to apply all the formulations of tenses (12 tenses) to express what is thought 

 

 

 

 

13.2 Mengungkapkan makna dalam produk bahasa tulis dan wicara sesuai dengan structure  complex sentences yang benar. Complex Sentences:

With noun clauses, adjective clauses, adverb clauses.

 

1        To identify the types of sentences.

2        To identify the Subject and Predicate of Main Clauses

3        To identify the Subject and Predicate of dependent Clauses

4        To make sentences with noun clause, adjective clause, adverb clause

5        To combine two sentences into one complex sentences using noun clause, adjective clause and adverb clause.

 

 

 

 

 

 

 

SILABUS 2

 

Satuan Pendidikan   :  SMAN 1 SLAWI

Mata Pelajaran        :  BAHASA INGGRIS

Kelas/Semester       : XII / 1

Alokasi Waktu        :      X 45’

Standar Kompetensi: Menulis

6. Mengungkapkan makna  dalam teks tulis monolog yang berbentuk narrative, explanation dan discussion  secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari   

 

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber / Bahan / Alat

6.1 Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek  resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari

 

1        students’ experience.

 

2        Forms of letters

 

 

1        To write what they experience

2        To write letter

 

 

 

 

6.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative,  explanation, dan discussion

 

1        the Generic Structure of Narrative

  • Orientation: sets the scene and introduces the participants.
  • Evaluation: a stepping back to evaluate the plight.
  • Complication: a crisis arises. Resolution: the crisis is resolved, for better or for worse.
  • Re-orientation: optional.

2           the Generic Structure of explanation

  • A general statement to position the reader.
  • A sequenced explanation of why or how something occurs

3           The Generic Structure of discussion

  • Issue:
    • Statement
    • Preview
    • Arguments for and against or Statement of differing points of view.
      • Point
      • Elaboration

4           Conclusion or Recommendation

 

1        To write a story in the form of narrative

2        To write an explanation

3        To write a discussion

 

 

 

 

 

 


SILABUS 3

 

Satuan Pendidikan   :  SMAN 1 SLAWI

Mata Pelajaran        :  BAHASA INGGRIS

Kelas/Semester       : XII / 1

Alokasi Waktu        :      X 45’

Standar Kompetensi: Menulis

6. Mengungkapkan makna  dalam teks tulis monolog yang berbentuk narrative, explanation dan discussion  secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari 

 

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber / Bahan / Alat

12.1 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei dengan menggunakan ragam tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative dan review

 

1        the Generic Structure of Narrative

  • Orientation: sets the scene and introduces the participants.
  • Evaluation: a stepping back to evaluate the plight.
  • Complication: a crisis arises. Resolution: the crisis is resolved, for better or for worse.
  • Re-orientation: optional.

2        the Generic Structure of review

  • Orientation: places the work in its general and particular context, often by comparing it with others of its kind or through analogue with a non-art object or event.
  • Interpretive Recount: summaries the plot and/or provides an account of how the reviewed rendition of the work came into being; is optional, but if present, often recursive.
  • Evaluation: provides an evaluation of the work and/or its performance or production; is usually recursive.
  • Evaluative Summation: provides a kind of punchline which sums up the reviewer’s opinion of the art event as a whole; is optional.

 

1        To write what they think

2        To write a story in the form of narrative

3        To write a review

 

 

 

 

  5            

 

 

 

 

 

 

SILABUS 4

 

Satuan Pendidikan   :  SMAN 1 SLAWI

Mata Pelajaran        :  BAHASA INGGRIS

Kelas/Semester       : XII / 1

Alokasi Waktu        :      X 45’

Standar Kompetensi: Berbicara

3. Mengungkapkan makna dalam teks  percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari

 

 

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber / Bahan / Alat

3.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari  dan melibatkan tindak tutur: mengusulkan, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau  untuk melakukan sesuatu, dan memerintah

 

  • Mengusulkan, memohon

A: I’d like to suggest that…;

 B: It sounds like a good suggestion

  • Mengeluh

A: This is crazy!

  B: Join the club.

  • Membahas kemungkinan atau kemampuan untuk melakukan sesuatu

A:  Would it be possible for you to…?

 B: Yeah, sure.

  • o Memerintah

A:  You must …

 B: As you wish, Sir

 

1        Menggunakan tindak tutur mengusulkan

2        Menggunakan tindak tutur memohon

3        Menggunakan tindak tutur mengeluh

4        Menggunakan tindak tutur membahas kemungkinan atau  kemampuan untuk melakukan sesuatu

5        Menggunakan tindak tutur memerintah

 

 

 

 

3.2 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari  dan melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji, menyalahkan, menuduh, mengungkapkan keingintahuan dan hasrat , dan menyatakan berbagai sikap 1        Menggunakan tindak tutur mengakui kesalahan

2         Menggunakan tindak tutur berjanji

3        Menggunakan tindak tutur menyalahkan/menuduh

4        Menggunakan tindak tutur mengungkapkan keingintahuan dan hasrat

5        Menggunakan tindak tutur menyatakan berbagai sikap

 

  • o Mengakui kesalahan

A: I admit I was wrong.

 B: I told you.

  • Berjanji

   A: I give you my words.

 B: You’d better keep your promise.

  • o Menyalahkan, menuduh

A: You are the one to blame.

 B: Are you accusing me?)

  • Mengungkapkan keingintahuan, hasrat

A: I wonder if …

 B: Why not?

  • Menyatakan berbagai sikap

A: I like it.

    B: Do you?

 

 

 

 

 

 

SILABUS 5

 

Satuan Pendidikan   :  SMAN 1 SLAWI

Mata Pelajaran        :  BAHASA INGGRIS

Kelas/Semester       : XII / 1

Alokasi Waktu        :      X 45’

Standar Kompetensi: Menulis

 4. Mengungkapkan makna  dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk  narrative, explanation dan discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari 

 

 

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber / Bahan / Alat

4.1 Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek  resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari

 

Teks fungsional pendek lisan

 

 

1        Menggunakan bahasa lisan dalam menyampaikan teks fungsional pendek

 

 

 

 

4.2 Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative,  explanation, dan discussion

 

  • Teks lisan  berbentuk narrative
  • Teks lisan  berbentuk explanation
  • Teks lisan  berbentuk discussion

 

 

1        Melakukan monolog berbentuk narrative

2        Melakukan monolog berbentuk discussion

3        Menggunakan kalimat Argument

4        Melakukan debat

 

 

 

 

 

SILABUS 6

 

Satuan Pendidikan   :  SMAN 1 SLAWI

Mata Pelajaran        :  BAHASA INGGRIS

Kelas/Semester       : XII / 1

Alokasi Waktu        :      X 45’

Standar Kompetensi:      Berbicara

9.   Mengungkapkan makna  dalam teks interaksional, dengan penekanan pada percakapan transaksional resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari

 

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber / Bahan / Alat

9.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)  resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur:membujuk, mendorong semangat, mengkritik , mengungkapkan harapan, dan mencegah

 

  • Membujuk, mendorong semangat

A: Would it be possible for you to…?

 B: I’ll consider that.

  • Mengkritik

A: I don’t think that was a good idea.

B: I’m glad you bring that up…

  • Mengungkapkan harapan

A:  I do hope that…

  B: I hope so too.

  • Mencegah

A: I wouldn’t do that if I were you.

 B: Thanks for telling me.

 

1        Menggunakan tindak tutur membujuk, mendorong semangat

2        Menggunakan tindak tutur mengkritik

3        Menggunakan tindak tutur mengungkapkan harapan

4        Menggunakan tindak tutur mencegah

 

 

 

9.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)  resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyesali, mengungkapkan/menanyakan rencana, tujuan, maksud, memprediksi, berspekulasi, dan memberikan penilaian
  • Menyesali

 A: I’m the one to blame.

 B: No use crying over spilt milk.

  • Mengungkapkan/menanyakan rencana, tujuan, maksud

A: What’s the plan?

B: The plan is…

  • o Memprediksi, berspekulasi

 A: We can speculate that …

  B: I think it’s well grounded.

  • Memberikan penilaian

 A: You did a good job!

       B: Thank you.

 

 

1        Menggunakan tindak tutur menyesali

2        Menggunakan tindak tutur mengungkapkan/menanyakan rencana, tujuan, maksud

3        Menggunakan tindak tutur memprediksi

4        Menggunakan tindak tutur berspekulasi

5        Menggunakan tindak tutur memberikan penilaian

 

 

 

 

 

 

 

SILABUS 7

 

Satuan Pendidikan   :  SMAN 1 SLAWI

Mata Pelajaran        :  BAHASA INGGRIS

Kelas/Semester       : XII / 1

Alokasi Waktu        :      X 45’

Standar Kompetensi: Berbicara

  10. Mengungkapkan makna  dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk  narrative dan review  secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari

 

 

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber / Bahan / Alat

10.1 Merespon makna dalam teks fungsional pendek  resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari

 

Teks fungsional pendek lisan

 

 

1        Memberi pengumuman lisan

2        Menyampaikan undangan lisan

3        Melakukan monolog untuk mengiklankan sesuatu

 

 

 

 

10.2 Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative dan review
  • Teks lisan  berbentuk narrative
  • Teks lisan  berbentuk review

 

 

1        Menggunakan kalimat penilaian dalam menyampaikan sebuah review

2        Melakukan monolog berbentuk narrative

3        Melakukan monolog berbentuk review

 

 

 

 

 

 


SILABUS 8

 

Satuan Pendidikan   :  SMAN 1 SLAWI

Mata Pelajaran        :  BAHASA INGGRIS

Kelas/Semester       : XII IPA IPS BHS / 2

Alokasi Waktu        :      X 45’

Standar Kompetensi: Membaca

5. Memahami makna teks fungsional pendek dan  teks tulis esei berbentuk   narrative, explanation dan discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan

 

 

 

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber / Bahan / Alat

5.1 Merespon makna dalam teks fungsional pendek  resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.

 

banner, poster, pamphlet

 

 

1        Membaca wacana ragam tulis yang dibahas

2        Mengidentifikasi topik dari teks yang dibaca

3        Mengidentifikasi informasi tertentu dari teks fungsional pendek

 

 

 

 

5.2 Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: narrative,  explanation, dan discussion
  • Teks tulis  berbentuk narrative
  • Teks tulis berbentuk explanation
  • Teks tulis  berbentuk discussion

 

 

1        Mengidentifikasi makna kata dalam teks yang dibaca

2        Mengidentifikasi makna kalimat dalam teks yang dibaca

3        Mengidentifikasi komplikasi dalam sebuah cerita narasi

4        Mengidentifikasi kejadian dalam teks yang dibaca

5        Mengidentifikasi proses sebuah peristiwa

6        Mengidentifikasi argument yang pro dan kontra dalam teks

7        Mengidentifikasi langkah-langkah retorika dari teks

8        Mengidentifikasi tujuan komunikasi teks dibaca

 

 

 

 

 

 

 

SILABUS 9

 

Satuan Pendidikan   :  SMAN 1 SLAWI

Mata Pelajaran        :  BAHASA INGGRIS

Kelas/Semester       : XII IPA IPS BHS / 2

Alokasi Waktu        :      X 45’

Standar Kompetensi: Membaca

11. Memahami makna teks tulis monolog yang berbentuk   narrative dan review  secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan

 

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber / Bahan / Alat

 

11.1 Merespon makna dalam teks fungsional pendek  resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan

 

banner, poster, pamphlet

 

 

1        Membaca nyaring bermakna wacana ragam tulis yang dibahas dengan ucapan dan intonasi yang benar

2        Mengidentifikasi topik dari teks yang dibaca

3        Mengidentifikasi informasi tertentu dari teks fungsional pendek

 

 

 

 

11.2 Merespon makna dan langkah retorika dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: narrative dan review 4     Attitute expressions

  • Teks tulis  berbentuk narrative
  • Teks tulis berbentuk review

 

 

  1. Mengidentifikasi isi cerita
  2. Mengidentifikasi kejadian dalam teks yang dibaca
  3. Mengidentifikasi penilaian tentang film/song/novel
  4. Mengidentifikasi saran pada sebuah review yang dibaca
  5. Mengidentifikasi langkah-langkah retorika dari teks review/narrative
  6. Mengidentifikasi tujuan komunikasi teks dibaca

 

5          

 

 

 

 

 

 

SILABUS 10

 

Satuan Pendidikan   :  SMAN 1 SLAWI

Mata Pelajaran        :  BAHASA INGGRIS

Kelas/Semester       : XII IPA IPS BHS / 2

Alokasi Waktu        :      X 45’

Standar Kompetensi: Mendengarkan

1. Memahami makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari

 

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber / Bahan / Alat

 

1.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari  dan melibatkan tindak tutur: mengusulkan, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau  untuk melakukan sesuatu, dan memerintah

  • Mengusulkan, memohon

mis. A: I’d like to suggest that…;

 B: It sounds like a good suggestion

  • Mengeluh

mis. A: This is crazy!

           B: Join the club.

  • Membahas kemungkinan atau kemampuan untuk melakukan sesuatu

ms. A:  Would it be possible for you to…?

       B: Yeah, sure.

  • o Memerintah

mis. A:  You must …

    B: As you wish, Sir.

 

 

            Mengidentifikasi makna kata

            Mengidentifikasi hubungan antar pembicara

            Mengidentifikasi makna tindak tutur   mengusulkan

            Merespon tindak tutur   mengusulkan

            Mengidentifikasi makna tindak  tutur memohon

            Merespon tindak tutur   memohon

            Mengidentifikasi makna tindak tutur   membahas kemungkinan atau  kemampuan untuk melakukan sesuatu

1        Merespon tindak tutur   membahas kemungkinan atau  kemampuan untuk melakukan sesuatu

2        Mengidentifikasi makna tindak tutur memerintah

3        Merespon tindak tutur memerintah

4        Mengidentifikasi konteks situasi

 

 

 

1.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari  dan melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji, menyalahkan, menuduh, mengungkapkan keingintahuan dan hasrat, dan  menyatakan berbagai sikap

 

  • Mengakui kesalahan

mis. A: I admit I was wrong.

  B: I told you.

  • Berjanji

   mis. A: I give you my words.

          B: You’d better keep your promise.

  • Menyalahkan, menuduh

mis. A: You are the one to blame.

           B: Are you accusing me?)

  • Mengungkapkan keingintahuan, hasrat

mis. A: I wonder if …

 B: Why not?

  • Menyatakan berbagai sikap

   mis. A: I like it.

          B: Do you?

 

 

1        Mengidentifikasi makna tindak tutur mengakui kesalahan

2        Merespon tindak tutur mengakui kesalahan

3        Mengidentifikasi makna tindak tutur berjanji

  • Merespon tindak tutur berjanji
  • Mengidentifikasi makna tindak tutur menyalahkan/ menuduh
  • Merespon tindak tutur menyalahkan/ menuduh
  • Mengidentifikasi makna tindak tutur mengungkapkan keingintahuan dan hasrat
  • Merespon tindak tutur mengungkapkan keingintahuan dan hasrat
  • Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan berbagai sikap
  • Merespon tindak tutur menyatakan berbagai sikap

 

6          

 

 

 

SILABUS 11

 

Satuan Pendidikan   :  SMAN 1 SLAWI

Mata Pelajaran        :  BAHASA INGGRIS

Kelas/Semester       : XII IPA IPS BHS / 2

Alokasi Waktu        :      X 45’

Standar Kompetensi: Mendengarkan

7.   Memahami makna  dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari

 

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber / Bahan / Alat

7.1   Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)  resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dan melibatkan tindak tutur: membujuk, mendorong semangat, mengkritik, mengungkapkan harapan, dan mencegah

 

 

  • Membujuk, mendorong semangat

A: Would it be possible for you to…?

 B: I’ll consider that.

  • Mengkritik

A: I don’t think that was a good idea.

 B: I’m glad you bring that up…

  • Mengungkapkan harapan

A:  I do hope that…

   B: I hope so too.

  • Mencegah

A: I wouldn’t do that if I were you.

    B: Thanks for telling me.

 

1        Mengidentifikasi makna tindak tutur  membujuk/ mendorong semangat

2        Merespon tindak tutur membujuk/ mendorong semangat

3        Mengidentifikasi makna tindak tutur  mengkritik

4        Merespon tindak tutur  mengkritik

5        Mengidentifikasi makna tindak tutur  mengungkapkan harapan

6        Merespon tindak tutur mengungkapkan harapan

7        Mengidentifikasi makna tindak tutur mencegah

8        Merespon tindak tutur  mencegah 

 

 

 

7.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)  resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dan melibatkan tindak tutur: menyesali, mengungkapkan/menanyakan rencana, tujuan, maksud, memprediksi, berspekulasi, dan memberikan penilaian

 

  • Menyesali

mis. A: I’m the one to blame.

 B: No use crying over spilt milk.

  • Mengungkapkan/menanyakan rencana, tujuan, maksud

mis. A: What’s the plan?

        B: The plan is…

  • o Memprediksi, berspekulasi

mis. A: We can speculate that …

  B: I think it’s well grounded.

  • Memberikan penilaian

mis. A: You did a good job!

       B: Thank you.

 

 

1        Mengidentifikasi makna tindak tutur menyesali

2        Merespon tindak tutur menyesali

3        Mengidentifikasi makna tindak tutur mengungkapkan/ menanyakan rencana, tujuan, maksud

4        Merespon tindak tutur mengungkapkan/menanyakan rencana, tujuan, maksud

5        Mengidentifikasi makna tindak tutur memprediksi/ berspekulasi

6        Merespon tindak tutur memprediksi /berspekulasi

7        Mengidentifikasi makna tindak tutur memberikan penilaian

8        Merespon tindak tutur memberikan penilaian

 

 

 

 

                                                                                                                                                                        Slawi, 17 Agustus 2009

                                                Mengetahui,

                                                Kepala Sekolah                                                                                              Guru Mapel Bahasa Inggris Kls XII

 

 

 

                                                Dra. SRI REJEKININGSIH, M.Pd                                                 SUNARTO, S.Pd

                                                NIP. 195                                                                                                         NIP. 19640826 198703 1 006

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: